Belajar dari Pasar.
maksudnya bukan pasar yang itu, tapi target konsumen.
Saya ambil contoh sederhana begini.
Pas saya belajar FB Ads dulu, saya bingung sama beberapa hal.
1. Konsumen kok masih minta gambar lagi
2. Masih tanya di komentar nomor wa-nya berapa
3. Masih tanya harga
4. Dan sejenisnya
Saya juga mengamati iklan, iklan sendiri maupun orang lain. Misalnya beberapa komentar yang tanya wa, udah dikasih link wa, masih tetap minta nomor hp.
Kan tinggal klik, beres urusan. Sudut pandang mayoritas dari kita pasti gitu. Saya juga dulu mikir gitu.
Sampai pada akhirnya, saya iseng melakukan audit di beberapa hal. Nemulah DM di Instagram dari calon pelanggan.
Simple, dia udah dikasih link wa sama CS saya, tinggal klik aja.
Si pelanggan itu jawab: "Kak, bisa minta nomornya saja? Saya gak punya kuota buat klik link-nya, kuota cuma bisa buat akses sosmed aja".
Lah hayo...!
Dari beberapa hal, saya juga menemukan beberapa kasus.
1. Orang akses sosmed pakai kuota khusus sosial media. Jadi kadang liat iklan, mikir-mikir mau klik "selengkapnya" atau link out dari FB.
2. Orang akses sosmed pakai versi gratis (ini di facebook aja setau saya). Biasanya gambar jadi tidak muncul,tidak tau deh kalau iklan.
Lah cara mengatasi nya gimana?
1. Tampilin nomor wa di iklannya, jangan cuma link doang
2. Atau jawabin lah pertanyaan di komentar
3. Atur iklan biar tampil hanya ke orang yg terkoneksi wifi
Begitu juga di youtube.Kalian pasti heran kok masih ada orang yg tanya padahal sudah di jelasin di deskripsi box.
Coba deh kalian nonton youtube di hape(smartphone)ternyata youtube di hape deskripsi box nya tidak di jembrengin keliatan seperti di desktop.
***
Ini cuma contoh ya, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari pasar kita sendiri. Beda pasar juga bisa beda perlakuan.
maksudnya bukan pasar yang itu, tapi target konsumen.
Saya ambil contoh sederhana begini.
Pas saya belajar FB Ads dulu, saya bingung sama beberapa hal.
1. Konsumen kok masih minta gambar lagi
2. Masih tanya di komentar nomor wa-nya berapa
3. Masih tanya harga
4. Dan sejenisnya
Saya juga mengamati iklan, iklan sendiri maupun orang lain. Misalnya beberapa komentar yang tanya wa, udah dikasih link wa, masih tetap minta nomor hp.
Kan tinggal klik, beres urusan. Sudut pandang mayoritas dari kita pasti gitu. Saya juga dulu mikir gitu.
Sampai pada akhirnya, saya iseng melakukan audit di beberapa hal. Nemulah DM di Instagram dari calon pelanggan.
Simple, dia udah dikasih link wa sama CS saya, tinggal klik aja.
Si pelanggan itu jawab: "Kak, bisa minta nomornya saja? Saya gak punya kuota buat klik link-nya, kuota cuma bisa buat akses sosmed aja".
Lah hayo...!
Dari beberapa hal, saya juga menemukan beberapa kasus.
1. Orang akses sosmed pakai kuota khusus sosial media. Jadi kadang liat iklan, mikir-mikir mau klik "selengkapnya" atau link out dari FB.
2. Orang akses sosmed pakai versi gratis (ini di facebook aja setau saya). Biasanya gambar jadi tidak muncul,tidak tau deh kalau iklan.
Lah cara mengatasi nya gimana?
1. Tampilin nomor wa di iklannya, jangan cuma link doang
2. Atau jawabin lah pertanyaan di komentar
3. Atur iklan biar tampil hanya ke orang yg terkoneksi wifi
Begitu juga di youtube.Kalian pasti heran kok masih ada orang yg tanya padahal sudah di jelasin di deskripsi box.
Coba deh kalian nonton youtube di hape(smartphone)ternyata youtube di hape deskripsi box nya tidak di jembrengin keliatan seperti di desktop.
***
Ini cuma contoh ya, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari pasar kita sendiri. Beda pasar juga bisa beda perlakuan.
Comments
Post a Comment