Skip to main content

KEINDAHAN DANAU PURBA BERAIR ASIN (DANAU SATONDA)

DANAU PURBA BERAIR ASIN SATU-SATUNYA DI INDONESIA

Papua boleh bangga dengan raja ampatnya, manado boleh bangga dengan bunakennya, kendari boleh bangga dengan wakatobinya, tapi berbicara danau purba berair asin hanya akan anda temukan di danau Satonda, Dompu, sumbawa, NTB.

Ini adalah satu-satunya danau berair asin di Indonesia dan hanya ada 6 di seluruh dunia.
Saking tingginya kadar garam di danau ini membuat kita bisa mengambang saat berenang.

Danau eksotis ini diam-diam banyak di kunjungi oleh selebritis tersohor dunia, dan menjadi tempat persinggahan dari kapal pesiar dengan rute Bali-pulau moyo-satonda-labuan bajo.

Di kalangan ilmuwan dunia, danau ini di kenal sebagai danau air asin paling ajaib dan terunik di dunia karena selain kadar air asinnya yang lebih tinggi dari laut di sekitar pulau, riak air danaunya selalu bergerak seiring pasang-surutnya air laut yang berada di sekeliling Pulau Satonda, padahal danau ini terputus dari air laut disekeliling pulau.

www.nationalgeographic.com,pada salah satu artikel menyebutkan bahwa Satonda merupakan gunung berapi purba yang terbentuk karena pergerakan alam 10 ribu tahun yang lalu dan dipercaya lebih tua dari gunung Tambora. menyimpan berjuta misteri yang siap diungkap oleh para ilmuwan. berbagai penelitian sedimen, mikrobiologi, biokarbonat atau bahkan penelitian berbasis kimiawi pernah dilakukan di satonda. banyak ilmuwan percaya bahwa satonda menjadi model lingkungan kontemporer yang menggambarkan kondisi lautan di jaman purba.

Tim peneliti terkemuka Eropa, Stephen Kempe, Josef Kazmierczak dan beberapa rekannya yang tergabung dalam ekspedisi Indonesia-Belanda SNELLIUS II pernah melakukan penelitian disini pada November 1984, dan kemudian kembali untuk melakukan penelitian pada 1989 dan 1996.
Mereka Berhasil membuktikan bahwa di Danau Satonda hidup mikrobiologis unik yang diyakini memiliki kesamaan struktur biologis dengan organisme yang hidup diawal Zaman paleozoikum, sekitar 542 sampai 251 juta tahun yang lampau. kehadiran Stromalit (sembulan mikrobial yang tersusun oleh mikroba bakteri dan ganggang yang hidup sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu) di Satonda menjadi sangat menarik karena menunjukan lingkungan danau ini mirip dengan lautan di jaman purba, prakambrium.

pada tahun 2008, peneliti dari BP Migas dan Universitas Gadjah Mada menemukan terumbu karang di Danau Satonda memiliki kandungan minyak dan gas bumi. Namun, tentu saja kawasan ini tak boleh dijadikan area pertambangan.



Comments

Popular posts from this blog

Cerita Pembuatan Video Viral Parodi "Jangan Mudik Dulu" Buatan Warga Klaten.

Cerita Pembuatan Video Viral Parodi "Jangan Mudik Dulu" Buatan Warga Klaten. Sebuah video yang berisi pesan untuk tidak mudik selama pandemi corona Covid-19, disampaikan melalui parodi yang lucu, ramai dibagikan oleh netizen. Postingan video yang dibuat oleh akun Instagram @ucup_jbsklaten tersebut mengisahkan tentang seorang anak yang rindu ibunya dan ingin pulang kampung. Si anak kemudian menelpon ibu aka ‘simbok’ nya dan menceritakan niatnya tersebut. Dalam video berdurasi kurang dari satu menit tersebut, simbok yang diceritakan terlihat tengah memasak, saat mengangkat telepon si anak. Saat mendengar keinginan si anak yang ingin pulang, dia kemudian melarangnya. “Orasah mudik le. Eneng kono sik. Lagi usum virus,” ujarnya dalam bahasa Jawa yang berarti “Jangan mudik, nak. Di sana saja. Baru musim virus,” Dalam video tersebut simbok mengatakan jika si anak pulang, bisa berisiko membawa virus meskipun ia dalam kondisi yang terlihat sehat.

CARA MUDAH MEMBUAT BACKLINK DARI GOOGLE

Halo sobat blogger,kali ini saya akan membagikan artikel "cara mudah membuat backlink dari Google". Banyak yg tanya soal backlink. Padahal, perbaiki dulu websitenya sampai punya traffic tanpa backlink. Caranya gimana? Banyak: 1. Bikin artikel yang topiknya menarik, lalu share ke sosmed. Sosmed itu bukan cuma facebook, instagram, twitter doang tapi ada pinterest dan situs-situs sharing image lainnya. Harus setopik juga ya. Soalnya kalo artikelnya soal otomotif lalu dishare ke misalnya ke grup facebook soal smartphone jelas gak akan efektif hasilnya. Bisa aja sih tapi kamu nggak akan dapet audiens yang loyal (kelak berkunjung balik), atau bahkan baru masuk langsung keluar (pentalan tinggi). 2. Bikin artikel yang google friendly. Pelajari riset keyword. Riset keyword tidak harus pake tools berbayar, tidak harus mencari keyword yg high volume search. Cuma pake google suggestion dan google trend aja bisa dapetin traffic kok, yg penting paham cara membaca ciri-cirinya. Kal

MANFAAT OLAHRAGA JALAN KAKI

  BERBAGAI MANFAAT OLAH RAGA JALAN KAKI Hampir setiap hari, setiap pagi, saya selalu menyempatkan olah raga sederhana dan murah. Jalan kaki Sederhana karena tinggal kaki melangkah Murah karena jika terpaksa bisa cuma pakai sandal jepit saja. Seperti biasa sembari jalan kaki saya 'tebar pesona'. Sapa dan senyum kiri kanan. Sedekah murah, konon katanya. Yang saya sapa 'siapa dan apa' saja. Kalau ada anjing menggonggong saya bacakan, 'summum bukmum . . ." Lalu si anjing jadi diam dan melengos, Baru tahu kalau yang ini guru nya. Pernah ketemu kucing yg jalan terpincang-pincang. Mungkin dilempar orang karena nyolong ikan. Saya sapa juga, "Mangkane ojok nyonyo," makanya jangan suka mencuri. Perasaan saya si kucing tadi nengok terus 'mlenthos' juga. Saya pun tertawa. Bayi pun kalau tidak pas digendong Ibunya, di kereta bayi misalnya, juga suka saya goda dan 'kudang'. Baru tahu pula, ternyata bakat 'jutÄ—k' mungkin bisa kelihatan sejak